Rabu, 25 Januari 2017

Syeh Jangkung, Penasehat Mataram Islam yang Memilih Hidup sebagai Petani


Makam Syeh Jangkung
Syeh Jangkung merupakan seorang dengan pembawaan murni orang Jawa. Beliau merupakan penasehat Kerajaan Mataram Islam semasa Kanjeng Sultan Agung. Ketika usia beliau mendekati senja, beliau memilih hidup sebagai petani, dengan membuka perkampungan baru di kawasan Pati.
Syeh Jangkung bernama asli Mbah Saridin. Beliau adalah murid Sunan Kalijaga, selain Mbah Cokrojoyo atau Sunan Geseng. Beliau adalah putera angkat Ki Ageng Kiringan, bersaudarakan Sumiyem, putri Ki Ageng Kiringan.
Beliau kemudian memutuskan menetap di Desa Landoh, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, hingga akhir hayatnya. Konon, sebelum tinggal di daerah tersebut, Syeh Jangkung pernah diremehkan oleh pemuda setempat lantaran penampilannya yang compang-camping.
Saat itu beliau ingin membeli dua ekor kerbau untuk membajak sawah. Namun oleh tujuh orang warga desa, beliau justru diberi kerbau yang telah mati.
Syeh Jangkung kemudian shalat dan bermunajat kepada Allah agar kerbau tersebut dihidupkan kembali. Usai shalat, dielusnya tanduk kerbau itu sembari meminta si kerbau agar kembali bangun. Secara ajaib, kerbau yang telah mati tersebut bergerak-gerak sambil mengibaskan ekornya.
Melihat kejadian itu, ketujuh warga yang sebelumnya meremehkan Syeh Jangkung, bersujud dan memohon maaf. Sejak itulah Syeh Jangkung membuka perkampungan di daerah yang dikenal dengan Desa Landoh.



MNC WORLD NEWS
Glimpse From The Past – Indonesia’s Urban Legend
(Ki Cokro ST)

https://www.youtube.com/watch?v=KhHB9mTGQ3E&feature=youtu.be

Tidak ada komentar:

Posting Komentar